Tips Perawatan Ban Motor Agar Awet Tidak Gampang Bocor

Tips Perawatan Ban Dalam Motor Agar Tidak Gampang BocorCara Merawat Ban Motor ---Salah satu penyebab ban dalam motor cepat bocor adalah sirkulasi udara dalam ban yang tidak stabil hingga menyebabkan karet ban dalam akan memuai dan bertambah panas. Kondisi ban dalam motor demikian biasanya bisa dirasakan ketika Anda melakukan perjalanan jauh. Putaran ban secara terus menerus plus hantaman kontur jalanan, makin membuat ban dalam bertambah panas. Tidak hanya ban dalam, ban luar pun demikian. Sebagai pelapis terluar pada ban yang bersinggungan langsung jalanan, tentunya membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini dibutuhkan agar ban motor tetap awet dan tahan lama.

Apabila kondisi ban dalam motor terlalu panas, tentunya akan banyak dampak yang terjadi pada ban. Ban dalam motor akan semakin sensitif terhadap benda tajam seperti kerikil atau bahkan paku. Istilah bocor alus pada ban dalam motor sering terjadi karena sebutir pasir yang masuk diantara celah ban dalam dan ban luar motor. Jika ini terjadi dan tetap dibiarkan, bisa saja ban dalam motor akan semakin rawan bocor atau bahkan pecah.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ban motor agar tetap awet dan tahan lama. Mempertahankan suhu ban dalam motor dan mencegahnya agar tidak gampang memuai, menjadi hal utama yang perlu diperhatikan agar ban tidak gampang bocor. Dan berikut adalah beberapa Tips dan Cara Perawatan Ban Motor Agar Awet Tidak Gampang Bocor yang bisa dilakukan:

Tips Perawatan Ban Dalam Motor

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan air ke bagian dalam ban. Caranya, kempeskan ban motor dengan mencabut pentil ban. Setelah itu ambil mekanisme pentil ban dan masukkan air ke bagian dalam ban dengan menggunakan sendok atau sedotan. Tak perlu terlalu banyak memberikan air, cukup 2 sendok makan untuk ban depan dan 3 sendok makan untuk ban belakang. Setelah selesai memberikan air, pasang kembali pentil ban dan pompa kembali ban motor Anda.

Selain itu kondisi pentil juga harus diperhatikan. Jangan sampai pentil ban Anda mengalami kebocoran. Untuk memeriksa kebocoran pentil ban beri air sabun di atas lubang pentil. Jika muncul gelembung udara, berarti pentil ban Anda bocor.

Tips Perawatan Ban Luar Motor

Lakukan pemeriksaan tekanan udara dalam ban. Tekanan udara mempengaruhi stabilitas laju dan kenyamanan berkendara motor Anda. Pastikan tekanan udara ban tidak kurang atau lebih. Hal ini sangat berpengaruh pada ban luar. Ban yang kurang cukup anginnya akan gampang tertusuk benda tajam.

Gunakanlah ban dengan ukuran yang sesuai, baik ban luar ataupun ban dalam. Karena ban dengan ukuran yang tidak sesuai akan beresiko fatal serta merusak kondisi onderdil motor tertentu.

Perhatikan juga beban yang Anda tumpahkan ke motor Anda. beban yang berat akan membuat ban lebih cepat aus. Usahakan jangan melebihi batas beban motor yang sudah ditentukan. Serta biasakan memeriksa kondisi ban setiap 10.000 km.
Baca juga artikel sebelumnya tentang,
Tips Perawatan Ban Motor Tubeless
Semoga dengan Tips Perawatan Ban Dalam Motor Agar Tidak Gampang Bocor ini bisa berguna bagi semua. Salam Otozones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger