Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Brebet

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor BrebetTips Mengatasi Mesin Motor Brebet ---Gejala mesin motor brebet atau tersendat-sendat seperti akan kehabisan bahan bakar, bisa terjadi pada kendaraan, baik pada sepeda motor ataupun mobil. Pada sepeda motor sering kali terjadi mesin brebet, baik pada putaran bawah maupun putaran atas, karena beberapa faktor. Faktor yang paling dominan yang menjadi Penyebab Mesin Motor Brebet adalah kurangnya perawatan pada sepeda motor.

Masalah Mesin Motor Brebet pastinya akan mempengaruhi performa sepeda motor Anda. Jika masalahnya sudah semakin parah, mesin motor pun akan mudah mati di tengah jalan. Meskipun mesin masih bisa dinyalakan kembali, hal ini tentu akan membuang waktu Anda, dan tentu saja membuat jengkel. Apalagi Anda merasa tidak ada kendala dengan keadaan bensin di tanki motor Anda. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mesin motor brebet ini?

Dan berikut ini adalah Tips Untuk mengetahui dan Cara Mengatasi Mesin Motor Brebet, seperti dibawah ini:

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Brebet

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor BrebetCek Bahan bakar
Motor brebet bisa dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar yang tidak bagus. Biasanya terjadi pada motor yang harusnya diisi Pertamax tapi malah diisi Premium. Bahan bakar yang tidak bagus akan meninggalkan kerak yang bisa menghambat kerja mesin. Ganti bahan bakar motor Anda ke bahan bakar yang beroktan tinggi, seperti Pertamax. Gunakan selalu bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Tujuannya adalah agar mesin motor tidak cepat rusak.
Cek Fuel Pump
Fuel pump itu akan awet jika bensin di dalamnya bagus dan tidak kotor. Gejalanya jika kotor mesin akan tersendat-sendat atau brebet. Kalau fuel pump bermasalah, tekanan bensin bisa ketinggian, bisa juga terlalu rendah. Kedua hal ini bisa menyebabkan mesin motor brebet. Coba cek kekencangan Fuel Pump.
Cek Busi
Motor yang brebet juga bisa disebabkan oleh busi yang tidak bagus atau kotor. Coba bersihkan atau ganti busi motor Anda. Ganti busi dengan tipe yang lebih dingin, misal NGK 7 diganti angkanya 8 atau 9. Hal ini karena busi dingin ini lebih tahan.
Cek Karburator
Motor yang berebet bisa disebabkan oleh karburator yang rusak. Biasanya masalah ada pada pelampung dan needle valve. Jika kedua komponen ini rusak, maka akan terjadi bahan bakar banjir dan bisa membuat busi basah. Akibatnya motor akan brebet. Bisa juga bahan bakar motor Anda sudah kemasukan air. Jika hal ini yang terjadi, cobalah untuk membuang beberapa bahan bakar hingga kandungan airnya habis. Masalah ini bisa terjadi akibat kesalahan saat mencuci ataupun banjir.
Servis ke Bengkel
Jika masalah tersebut tidak teratasi, segera bawa ke bengkel resmi. Biasanya pihak bengkel akan langsung membersihkan semua komponen mesin dan juga kaburator. Baca artikel sebelumnya tentang, Kapan Motor Harus Segera di Servis ke Bengkel
Itulah beberapa hal yang menjadi Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Brebet pada kesempatan kali ini. Semoga Bermanfat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger