Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Knalpot Motor Nembak

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Knalpot Motor NembakTips Mengatasi knalpot Nembak ----Knalpot mengeluarkan suara letupan atau suara seperti nembak sering sekali terjadi ketika sepeda motor, diganti knalpotnya secara plug n play, tanpa melakukan settingan lebih lanjut pada komponen motor lainnya. Suara knalpot motor nembak biasanya terjadi ketika gas diturunkan. Hal ini tentunya sangat mengganggu, walaupun bagi sebagian pengendara lain terkadang justru dianggap keren.

Baca artikel terkait knalpot ini sebelumnya,
Masalah Knalpot Motor Injeksi Ngebul

Penyebab Knalpot Motor Nembak

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan suara knalpot motor terdengar seperti letupan atau nembak. Campuran udara beserta bahan bakar yang tidak seluruhnya terbakar oleh busi bisa menyebabkan suara letupan yang diakibatkan oleh after burn, alias pembakaran kedua. After burn ini meletup setelah gas segar yang tidak terbakar berhasil lari keluar knalpot.
Knalpot yang mengeluarkan suara letupan atau nembak, bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran. Contohnya, air screw karburator yang sudah aus atau setelan karburator yang kurang optimal.
Penyebab suara letupan knalpot yang lain adalah kondisi busi yang sudah tidak layak. Elektroda busi yang sudah kotor karena diselimuti oleh kerak sisa pembakaran atau basah terkena air bisa menyebabkan percikan api yang tidak stabil. Dengan demikian knalpot pun bisa mengeluarkan suara nembak.
Packing knalpot yang rusak dan mur pengikat yang kurang kencang juga merupakan salah satu penyebab knalpot nembak lainnya. Hal ini akan menyebabkan kebocoran pada bagian gas buang sehingga membuatnya meletup.

Tips Mengatasi Knalpot Motor Nembak

Cek setelan pilot screw/angin-angin/setelan karbu usahakan setelannya sesuai standard motor yaitu 2,5–3 putaran penuh atau sesuaikan dengan kebutuhan mesin
Cek kondisi busi, usahakan kondisi busi masih layak pakai. Bila sudah tak layak segera ganti baru karena menurut anjuran pabrikan busi di ganti tiap 6 ribu km. Jangan lupa atur ulang gap busi jadi 0,7mm.
Cek filter udara motor, karena filter yang kotor bisa menghambat aliran udara yang menuju ke karburator, sehingga menjadikan campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih kaya. Usahakan ganti filter udara dibersihkan tergantung jenis filternya.
Cek juga selang vacum bahan bakar yang menuju ke tangki, pastikan selang ini tidak bocor ataupun sobek.
Cek juga pemasangan dan kondisi knalpot motor Anda. Bisa saja suara knalpot nembak justru disebabkan oleh knalpot itu sendiri.
Jika knalpot nembak terjadi pada jenis motor injeksi, coba periksa juga kondisi AIS (Air Induction System) yang menginjeksikan udara bersih ke lubang buang sehingga hasil pembakaran menjadi lebih ramah lingkungan. Kemungkinan knalpot nembak bisa juga disebabkan oleh fungsi membran AIS yang tidak optimal.
Demikianlah Tips otomotif tentang beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Knalpot Motor Nembak pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger