Tips dan Cara Mengganti Oli Mesin Motor Yang Benar

Tips dan Cara Mengganti Oli Mesin Motor Yang BenarCara Ganti Oli Motor ---Salah satu hal wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan, khususnya sepeda motor adalah mengganti oli mesin secara berkala. Mengganti oli mesin ini diperlukan agar kondisi mesin motor tetap dalam keadaan prima. Pentingnya melakukan penggantian oli mesin ini bahkan menjadi bahasan utama yang tertulis di buku panduan servis sepeda motor. Sayangnya, tidak semua pengguna mengindahkan hal ini.

Walaupun informasi tentang pentingnya mengganti oli secara berkala, lengkap dengan jadwalnya tersebut telah tertulis dengan jelas di buku servis, tak jarang para pemilik motor, khususnya pemilik motor pemula kurang memperhatikan. Selain wajib mengganti oli mesin setiap 2.500 kilometer, para pemilik kendaraan juga perlu mengetahui beberapa informasi lain. Jika lali terhadap hal ini, tentunya akan berimbas pada kondisi mesin dan performa motor.

Baca juga artikel terkait oli ini mesin motor ini,Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi mesin agar selalu dalam kondisi baik, berikut adalah beberapa Tips dan Cara Mengganti Oli Mesin Motor Yang Benar, yang perlu menjadi perhatian pemilik sepeda motor, khususnya pengguna yang baru pertama kali memiliki sepeda motor.

Tips dan Cara ganti Oli Motor

Ikuti keterangan pada buku petunjuk motor Anda. Umumnya, mesin sepeda motor jenis bebek membutuhkan oli sebanyak 0,8 ml, sedangkan jenis sport sebanyak 1,0 liter. Idealnya, pengisian oli tak boleh melebihi ambang batas. Pengisian harus berada di antara garis low dan full.

Apabila diabaikan, pastinya potensial menyebabkan kerusakan secara jangka panjang pada beberapa komponen. Kerja pompa oli pun menjadi berat akibat volume pelumas yang melebihi ambang batas. Tentunya, hal ini berimbas pada akselerasi mesin.

Kemudian, harap berhati-hati kala mengganti oli dalam kondisi mesin motor panas. Sebaiknya, tunggu beberapa saat hingga mesin menjadi hangat atau lebih dingin.

Sebelum mengisi oli baru, pastikan seluruh oli lama di dalam mesin telah terkuras. Untuk membuang sisa oli yang masih menempel, Anda dapat menggunakan kompresor. Jika tidak, tunggu saja beberapa saat.

Jika Anda menggunakan kompresor, pastikan alat tersebut telah dilengkapi filter untuk menyaring uap air. Sebab, uap air yang menempel akan menyebabkan korosi pada mesin.

Yang terakhir, setelah bersih dan terkuras, pasang kembali baut pembuangan oli sebelum menuangkan oli baru. Memanfaatkan corong kecil, pengisian oli baru akan lebih presisi dan tak terbuang percuma.
Jika Anda telah melakukan beberapa Tips dan Cara Mengganti Oli Mesin Motor Yang Benar diatas, pastinya kondisi sepeda motor Anda akan selalu prima dan terhindar dari kerugian besar karena kerusakan pada mesin. Semoga Tips Otomotif ini bermanfaat dan salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger