Tips Perawatan Helm Full Face Agar Tidak Bau dan Berjamur

Tips Perawatan Helm Full Face Agar Tidak Bau dan BerjamurMerawat Helm Full Face ---Helm Full Face merupakan salah satu jenis helm yang memiliki tingkat keamanan sebagai pelindung kepala yang diklaim paling aman. Selain itu, Helm Full Face memiliki bentuk yang terlihat keren dibandingkan dengan helm biasa. Alasan ini juga yang membuat banyak pengendara menyukai Helm Full Face. Kesan gagah dan keren memang terpancar saat memakai helm jenis ini.

Penggunaan Helm Full Face ini makin populer di kalangan pengendara. Tidak hanya pengendara motor trail yang biasanya kita lihat di jalanan, tetapi juga tidak sedikit pengendara motor bebek juga menggunakan helm jenis full face ini. Selain sisi perlindungan dan bentuknya yang keren, kepopuleran Helm Full Face juga ditunjang oleh para peserta motogp yang terlihat begitu keren saat menggunakan helm ini.

Baca artikel sebelumnya tentang,
Tips dan Cara Memilih Helm Motor Yang Tepat
Ciri utama dari Helm Full Face ini adalah bentuknya yang menutupi seluruh bagian kepala dengan sedikit bagian terbuka di area wajah yang dilindungi oleh mika helm. Karena area yang tertutup pada helm ini paling dominan, kurangnya perawatan akan menyebabkan bau apek dan gampang berjamur. Jika sudah demikian, kenyamanan memakai Helm Full Face tentunya akan berkurang. Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi agar Helm Full Face tidak bau dan berjamur?

Cara Merawat Helm Full Face

Agar Helm Full Face tidak bau apek dan gampang berjamur, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka kaca penutup saat helm tidak sedang dipakai. Dengan membuka kaca helm, udara pengap dan keringat akan mampu keluar dan menguap dari dalam helm.
Hal lain yang perlu dilakukan adalah membiasakan menjemur Helm Full Face setelah melakukan perjalanan jauh. Paling tidak seminggu sekali, dengan posisi terbalik dan seluruh ventilasi helm dalam keadaan terbuka. Supaya air keringat dan udara lembab yang sempat terjebak dalam helm bisa dengan cepat menguap.
Ketika menyimpan helm, perhatikan fungsi ventilasi agar tetap terbuka sehingga udara bersirkulasi dengan baik. Salah satu cara termudah, buka kaca dan seluruh lubang ventilasi. Bau sisa keringat akan bersirkulasi dan memiliki jalan keluar untuk menguap.
Jangan lupa menaruh wewangian seperti misalnya kapur barus, ketika helm tak digunakan. Namun, hati-hati memilih jenis pengharum untuk itu. Jika menggunakan minyak wangi, maka pilih yang mengandung kadar alkohol rendah. Bila terpaksa memakai pewangi beralkohol tinggi, usahakan saat menggunakannya dalam jumlah sedikit. Karena busa helm cepat kering dan kisut bila sering terkena alkohol.
Bentuk Helm Full Face yang menutupi seluruh bagian kepala ini juga sering digunakan oleh orang yang ingin berbuat jahat untuk melindungi identitasnya. Pastinya hal ini bukan menjadi alasan Anda untuk memakai Helm Full Face bukan?

Semoga Tips Otomotif tentang Tips Perawatan Helm Full Face Agar Tidak Bau dan Berjamur pada kesempatan kali ini bisa berguna bagi kita semua. Salam otozones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger