Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian Dengan Mobil

Tips dan Cara Pemeriksaan Kendaraan Sebelum Jalan ---Seperti yang sudah banyak disinggung sebelumnya, saat ingin melakukan perjalanan dengan kendaraan, baik mobil atau sepeda motor, tidak hanya fisik pengendara atau pengemudi yang perlu dipersiapkan, tetapi juga kendaraan itu. Memeriksa kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan penting untuk dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Khusus untuk bepergian dengan mobil, melakukan Pengecekan Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian merupakan rutinitas wajib. Hal yang paling sederhana untuk dilakukan adalah dengan memanaskan mesin kendaraan. Baca artikel sebelumnya tentang,
Cara Memanaskan Kendaraan Dengan Benar
Saat memanaskan kendaraan inilah kita bisa mengetahui gejala dan kondisi kendaraan kita dari suara mesin yang ditimbulkan. Lalu, apa saja bagian atau komponen yang harus diperiksa sebelum jalan?

Sebelumnya, baca terlebih dahulu artikel terkait tentang hal ini:Dan berikut adalah beberapa komponen atau bagain kendaraan yang perlu dilakukan pemeriksaan sebelum jalan.

Pemeriksaan Kendaraan Mobil Sebelum Jalan

  • Cheking mesin: cek apakah mesin berfungsi dengan baik, apakah terdengar bunyi aneh, apakah mesin berjalan dengan normal atau gangguan lainnya.
  • Sistim pelumasan: periksa semua komponen sistem pelumasan seperti saringan oli apakah sudah perlu diganti atau tidak sesuai anjuran pabrik yaitu rata-rata setelah 5.000 - 10.000 km, periksa kondisi oli dan level oli jangan sampai kurang dari batas minimum atau melewati batas maksimalnya, jaga kebersihan oli dan yakinkan tidak ada kotoran/debu, air, debu dari kain lap, minyak bekas yang ikut masuk ke dalam mesin.
  • Sistim pendinginan: periksa apakah kondisi selang/pipa pada sistem pendinginan dalam keadaan baik, lakukan pengurasan air pendingin dan bersihkan bagian yang berkarat. Periksa apakah ada kebocoran di sistem pendingin, apakah tinggi permukaan air dalam radiator cukup atau tidak, periksa apakah thermostat berfungsi atau tidak dll.
  • Sistim pembakaran: Periksa seluruh komponen sistem pembakaran seperti tangki bahan bakar apakah ada kebocoran, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar apakah perlu diganti atau tidak, komponen sistem pembuangan, gas buang, knalpot.
  • Kerja karburator: Apakah karburator berfungsi dengan normal sehingga campuran bensin dan udara normal. Bersihkan karburator jika terdapat kotoran.
  • Sistim pengapian: Periksa komponen sistem pengapian. Cek saat pengapian dan lakukan penyetelan saat pengapian yang tepat. Periksa keadaan koil dan platina. Pastikan busi dalam keadaan bersih dari kotoran, periksa keadaan busi dari kemungkinan elektroda aus, terbakar. Ganti kabel busi bila sudah bocor, keras atau terlalu tua.
  • Sistim kelistrikan: Periksa komponen sistem kelistrikan apakah semua berungsi dengan baik, seperti apakah ada kabel yang mengelupas, putus, kendor dll. Periksa lampu - lampu kendaraan apakah ada yang putus. Periksa pula instrumen switch lampu. Bawalah sekring cadangan sesuai besarnya ampere yang dibutuhkan.
  • Sistim kemudi: Periksa komponen sistem kemudi seperti setir apakah bisa difungsikan dengan baik. Apakah kemudi terasa berat, ringan, melayang atau stabil.
  • Accu: Periksa apakah ada kebocoran elektrolit, korosi pada klem konektor, keretakan pada tutup dan kotak baterai, apakah semua komponen masih utuh, apakah di komponen baterai ada, kerenggangan. Bersihkan terminal, klem, tutup kotak baterai agar terhindar dari kemungkinan karat.
  • Motor Starter: Periksa apakah motor starter berfungsi dengan baik. Apakah motor starter lancar, tidak tersendat-sendat atau sudah dihidupkan. Pastikan arus yang mengalir ke motor starter kuat untuk memutar motor starter. Apakah motor starter bersuara gaduh dan lain-lain.
  • Kopling dan percepatan: Pastikan kopling dalam keadaan bagus, periksa ketebalan kampas kopling dan minyak kopling dari master atas atau master bawahnya.
  • As gardan: periksa apakah ada gangguan di as gardan seperti bengkok, longgar, dan lain-lain.
  • Kerangka dan pegas: Periksa apakah ayunan pegas ada yang patah atau gugus.
  • Pemeriksan Baut/mur: Periksa semua baut/mur yang terdapat di seluruh komponen sudah terpasang dengan baik. Jangan sampai kendor atau terlalu kuat.
  • Rem: Periksa apakah rem berfungsi dengan baik. Apakah bantalan rem sudah aus atau belum, apakah rem tidak blong. Periksa jumlah minyak rem dalam tabung dan bila ada kebocoran pada master silinder segera ganti dengan yang baru. Gantilah ketebalan kampas rem depan belakang bila mengalami keausan dengan yang baru. Pastikan kondisi rem tangan dalam keadaan baik.
  • Ban dan alat perkakas: Periksa tekanan angin, ban serep dan semua ban apakah sudah cukup tekanan anginnya jangan sampai kurang. Dan jangan lupa bawa perkakas/tool kit yang mungkin Anda butuhkan di jalan.
Itulah seikit Tips dan Info Otomotif terbaru tentang beberapa komponen atau bagain kendaraan yang perlu dilakukan pemeriksaan sebelum jalan. Semoga bermanfaat dan salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger