Memasang Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda Motor

Memasang Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda MotorTips dan Cara Mengganti Brake Pad Motor ---Sistem pengereman pada sepeda motor merupakan bagian penting yang harusnya mendapat perhatian lebih. Komponen ini merupakan komponen wajib yang harus ada pada setiap kendaran, termasuk sepeda motor. Hal ini dikarenakan, sistem pengereman pada kendaraan terkait erat dengan keselamatan pengendara.

Baca artikel sebelumnya tentang komponen pengereman ini:Pada sepeda motor, setidaknya ada dua jenis sistem pengereman yang biasa digunakan. Yaitu sistem pengereman menggunakan tromol atau drum, dan sistem pengereman yang menggunakan cakram atau disc brake. Masing-masing sistem tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penghambat laju kendaraan hingga membuat putaran roda berhenti.

Pada jenis sepeda motor saat ini, sistem pengereman yang menggunakan cakram atau disc brake banyak digunakan karena daya cengkeram rem cakram lebih maksimal dibanding rem tromol. Daya cengkeram ini sendiri didapat dari komponen brake pads atau kampas rem cakram. Daya cengkeram kan optimal jika kondisi brake pad masih bagus.
Memasang Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda MotorNamun, Semakin seringnya penggunaan rem cakram, akan membuat kampas rem cakram atau brake pads akan mengalami aus dan tipis. Jika tidak segera diganti, besi pada lapisan pads yang sudah aus tersebut akan bergesekan dengan cakram, sehingga akan membuat kerusakan pada cakram. Oleh karena itu, melakukan penggantian secara berkala patut dilakukan agar rem cakram bisa bekerja maksimal.

Untuk mengganti brake pad atau Kampas Rem Cakram Sepeda Motor bisa dilakukan dengan mendatangi bengkel kesayangan Anda. Namun, bagi yang ingin Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda Motor, sebenarnya ini bisa dilakukan dengan mudah. Berikut adalah beberapa Tips dan Cara Memasang atau Mengganti Sendiri Kampas Rem Cakram atau Brak Pad Sepeda Motor.

Cara Memasang Kampas Rem Cakram Motor

Memasang Sendiri Kampas Rem Cakram Sepeda Motor
Untuk mengganti brake pads yang sudah aus sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelumnya, siapkan brake pads baru, kunci 'L' bintang, kunci 8 dan obeng besar.

Pertama, kendorkan baut pengikat brake pads dengan kunci 8. Lalu buka dua baut bintang pada braket kaliper yang menempel pada tabung shockbreaker. Setelah kaliper terlepas, ganti pads dengan yang baru. Sebelumnya, bersihkan kaliper dengan sikat kawat.

Jika pads yang baru sudah terpasang dengan baik dan benar, pasang kembali kaliper seperti semula. Dengan demikian, kinerja rem cakram sepeda motor Anda pun dapat kembali maksimal. Selamat mencoba.
Itulah sedikit Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Memasang atau Mengganti Sendiri Kampas Rem Cakram atau Brak Pad Sepeda Motor pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger