4 Penyebab Rem Blong dan Tidak Berfungsi

Penyebab Rem BlongTips Mencegah Rem Blong ---Salah satu penyumbang kecelakaan di jalan, selain karena faktor manusianya, adalah faktor kendaraannya. Dan salah satu penyebab kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor kendaraan adalah rem yang tidak berfungsi atau rem blong. Baca artikel sebelumnya tentang Tips Mempersiapkan Kendaraan Untuk Perjalanan Jauh. Lalu, apa sajakah faktor yang menyebabkan rem yang tidak berfungsi atau rem blong?

Berikut adalah 4 Penyebab Rem Blong dan Tidak Berfungsi, yang perlu Anda cermati sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan saat diperjalanan:

PISTON DAN KANVAS REM AUS
Piston dan kanvas rem telah aus karena faktor usia. Akibatnya rem tak pakem lagi ketika digunakan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kedua komponen itu setelah mobil menempuh jarak 10.000 kilometer.
SELANG MINYAK REM TERSUMBAT
Umumnya, mobil penumpang menggunakan sistem pengereman dengan tekanan fluida dari minyak rem dalam mekanisme pengereman. Oleh karena itu, kondisi minyak rem dan selang minyak yang berukuran kecil sangat penting diperhatikan. Sering membuka tutup tabung minyak rem bisa menyebabkan kotoran masuk ke tabung dan kotoran bisa menyumbat selang. Akibatnya fungsi pengereman tidak berfungsi dengan baik.
SEAL PISTON MASTER AUS
Ada beberapa penyebab selain faktor usia, yakni kualitas minyak rem yang sudah tak bagus karena telah basi atau karena terkontaminasi akibat sering membuka tutup tabung minyak. Oleh karena itu disarankan menguras dan mengganti minyak rem setiap setiap enam bulan tau maksimal srtahun sekali.
FAKTOR SUHU
Faktor suhu juga berpengaruh ke kualitas minyak rem. Minyak yang telah berubah dari kondisi yang semestinya sangat berpengaruh terhadap daya tekan saat dilakukan pengereman.
Itulah 4 Penyebab Rem Blong dan Tidak Berfungsi, lengkap dengan Tips Mencegah Rem Blong yang perlu Anda cermati sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger