Beberapa Tips Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

Membeli Sepeda Baru15 Tips Membeli Motor Baru ---Memiliki motor baru adalah impian kita semua. Apalagi jenis motor yang kita idam-idamkan tersebut sudah lama menjadi incaran. Sayangnya, rasa ingin cepat memiliki motor baru terkadang mengabaikan hal-hal lain yang bisa saja menyebabkan penyesalan di kemudian hari. Lalu, bagaimana menghindari hal demikian?

Berikut adalah 15 Tips yang perlu Anda ketahui Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru kesayangan Anda:
  1. Pililah Dealer Motor Resmi. Dealer tidak resmi kadang menawarkan diskon besar atau hadiah bagus. Bisa saja komponen motor yang dijual itu telah diganti dengan yang aspal atau kemungkinan cacat pada bagian tertentu motor tersebut, sehingga harganya lebih miring.
  2. Cek Fitur dan Kelengkapan. Beli motor tidak hanya dapat motornya, tetapi juga mendapatkan helm, jaket, kardus buat helm, buku panduan, buku servis, buku lainnya sama kunci-kunci standar. Bila dari salah satu itu tidak dapat, ini harus diwaspadai karena itu sudah menjadi standar penjualan motor.
  3. Sesuaikan Budget Anda. Membeli motor harus sesuai kemampuan Anda. Hindari membeli motor mahal dengan kualitas sama, walaupun motor tersebut kelihatan lebih keren.
  4. Mahal Tak Selamanya Bagus dan Cocok. Mahal bukan berarti motornya bagus dan cocok buat Anda. Jika rutin merawatnya dan jaminan spare part mudah didapat, biar murah tapi tetap awet. Jangan mudah tergiur oleh rayuan SPG.
  5. Beli Motor Sesuai Kebutuhan. Jenis motor usahakan sesuai dengan kebutuhan Anda, untuk hoby atau harian, sesuaikaan juga dengan medan dan kondisi jalan di rumah Anda. Jika di rumah atau di tempat kerja Anda jalannya belum diaspal dan banyak tanjakan, jangan beli motor jenis metic.
  6. Perhatikan Garansi Motor. Membeli motor baru bukan merupakan perjanjian kontrak terputus. Artinya Anda akan tetap membutuhkan dealer yang bersangkutan untuk perawatan pasca pembelian. Karena itu perhatikan garansi yang diberikan dealer tersebut agar selama kepemilikan kendaraan, Anda mendapat jaminan pelayanan purna jual.
  7. Test Drive Punya Teman. Apabila teman Anda sudah memiliki motor impian Anda, cobalah menggunakan motornya, maka Anda bisa merasakan kenyamanan dan yakin akan kualitas motor tersebut.
  8. Jangan Gengsi. Jangan merasa gengsi apalagi ikut-ikutan jika ada tipe motor keren. Karena belum tentu motor keren tersebut sesuai (ergonomis) dengan body Anda. Jadi sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan penggunaan dan fisik Anda.
  9. Cek Harga Pasaran. Ada baiknya mencari informasi sebanyak mungkin berapa harga resmi yang dikeluarkan pihak perusahaan untuk motor tersebut (on the road). Karena biasanya setiap dealer menawarkan harga berbeda, maka pilihlah dealer yang menawarkan harga terendah.
  10. Cek Langsung Motornya. Membeli motor harus melihat produk motor yang akan dibeli. Misalnya dengan mendatangi langsung ke showroom motor. Jangan pernah tertarik pada brosur, terkadang warna motor yang asli tidak sebagus di brosur. lebih baik datang dan lihat langsung agar tidak tertipu oleh gambar demi kepuasan Anda.
  11. Pastikan Bengkel Motornya Banyak. Usahakan membeli motor yang bengkel resminya dimana-mana. Apabila suatu saat motor Anda bermasalah, pastikan Anda akan merasa tenang serta pencarian sparepart-nya pun mudah dan murah.
  12. Promo Pembelian dan Merchandise. Sebelum melakukan deal, tanyakan tentang promo yang ada tentang pembelian motor baru. Mulai cashback hingga merchandise seperti hel, jaket, dan lain-lain saat ingin membeli motor baru.
  13. Tanyakan Tentang Plat Putih. Saat motor baru dibeli, masa kepengurusan dokumen biasanya akan memakan waktu. Ketika itu motor belum memiliki plat. Demi kenyamanan, tanyakan dan pastikan Anda mendapat plat sementara yang berwarna putih, agar motor Anda bisa dipakai di jalan raya.
  14. Tidak Ada Biaya Apapun Sebelum Deal. Jangan menandatangani perjanjian pembayaran apapun sebelum Anda benar-benar sudah memutuskan membeli kendaraan dari suatu dealer. Pastikan pula semua perjanjian dengan dealer. Surat perjanjian harus dilengkapi kop dan cap resmi, sehingga apabila terjadi suatu kesalahan di kemudian hari, Anda bisa melakukan klaim.
  15. Jangan Buru-Buru. Terkadang harga antar satu delaer dengan dealer lainnya berbeda loh. Jika kamu merasa belum ada kenyamanan untuk membeli motor baru di satu dealer, cobalah untuk bersabar dan tidak terburu-buru. Datangi dealer lain untuk perbandingan demi kepuasan Anda...
Itulah 15 Tips yang perlu Anda ketahui Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru kesayangan Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger