Cara Menghilangkan Karat dan Melumasi Rantai Motor Yang Benar

Cara Menghilangkan Karat dan Melumasi Rantai Motor Yang BenarTips Menghilangkan Karat dan Melumasi Rantai ---Karat pada rantai sepeda motor bisa berdampak fatal jika tetap dibiarkan. Kerja berat rantai untuk menggerakkan roda membuatnya bisa saja terputus karena keropos akibat korosi. Karat ini tentunya makin menjadi apabila motor jarang dilumasi. Oleh karena itu penting bagi Anda pemilik sepeda motor untuk selalu rutin melumasi rantai sebelum ia berkarat. Lalu, apa yang harus dilakukan jika ingin menghilangkan karat pada rantai motor?

Seperti yang sudah disinggung diatas, karat pada rantai sepeda motor sebenarnya bisa diantisipasi dengan melumasi rantai secara rutin. Namun jika hal itu lalai, dan rantai sudah berkarat, maka untuk menghilangkannya cukup mudah. Yaitu dengan menggunakan cairan pembersih karat. Cairan pembersih karat ini bisa Anda temukan di bengkel kesayangan Anda. Bagaimana cara menggunakan cairan ini untuk membersihkan karat pada rantai motor?

Cara Menghilangkan Karat Rantai Motor

Cairan anti karat yang bagus adalah cairan yang sifatnya hanya untuk menghilangkan karat, bukan sekaligus berfungsi sebagai pelumas rantai motor. Dan untuk mendapatkan rantai motor yang bersih dan bebas dari karat, tentunya nda perlu juga tahu langkah-langkah menggunakannya.

Cara menggunaknnya cukup mudah, semprot atau oles cairan anti karat pada rantai motor Anda. Setelah cairan menempel sempurna pada bagian motor, diamkan saja hingga beberapa saat, sampai kotoran karat akan rontok sendiri. Kesalahan yang harus dihindari adalah jangan pernah menggunakan lap untuk membersihkan karat setelah disemprot dengan cairan anti karat. Jika ini dilakukan, karat pada rantai motor tidak akan hilang sempurna.

Cara Melumasi Rantai Motor

Sepeda motor dengan rantai ada gear depan dan gear belakang. Kebanyakan orang nyemprot dari gear belakang. Itu salah. Yang benar itu nyemprot di lantainya langsung. Penyemprotan di gear belakang akan menjadi percuma karena cairan pelumas itu tertahan oleh gear. Ketika putaran roda berjalan maka pelumas justru akan muncrat semua dan tidak melumasi rantai.
Perlu diperhatikan, agar mendapatkan hasil yang maksimal pada rantai, perlu sekali untuk memilih cairan anti karat yang bagus. Pastikan fungsinya mampu untuk merontokkan cairan-cairan, debu, karat yang menempel pada logam, termasuk pada rantai sepeda motor. Rexco pun bisa digunakan langsung pada tahap awal untuk menghilangkan kotoran yang menempel, lalu setelahnya diikuti dengan pelumas rantai.

Namun, jika memang kondisi rantai dan gear Anda sudah tidak layak pakai lagi, maka wajib untuk segera diganti. Baca artikel terkait hal ini sebelumnya,
Ciri Rantai dan Gear Motor Harus Diganti
Itulah sedikit Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Menghilangkan Karat dan Melumasi Rantai Motor Yang Benar pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger