Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh

Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan JauhMempersiapkan Kondisi Motor Ban Untuk Perjalanan Mudik ---Untuk melakukan perjalanan jauh seperti touring ataupun mudik menggunakan sepeda motor, tentunya banyak sekali yang harus dipersiapkan. Tidak hanya kondisi fisik dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan, tetapi juga kondisi sepeda motor yang menjadi tunggangan perlu diperhatikan. Baca artikel sebelumnya tentang,
Tips Mempersiapkan Kendaraan Untuk Perjalanan Jauh
Khusus untuk perjalanan jauh dengan sepeda motor, salah satu komponen yang perlu mendapat perhatian adalah ban. Ban motor merupakan bagian penting yang menopang bobot motor dan pengendaranya. Laju kendaraan juga tergantung dengan keberadaan ban ini. Jika ban sepeda motor yang digunakan tepat, maka tentunya Anda akan sampai ditujuan dengan aman dan nyaman.

Dalam Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh, setidaknya ada tiga faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari jenis ban yang digunakan, tingkat keausan ban, tekanan angin ban, hingga tipe ban yang tepat untuk digunakan menempuh perjalan jauh. Baca artikel sebelumnya tentang,
Tips Memilih Tipe Ban Motor Terbaik
Dan berikut adalah beberapa Tips Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh, lengkap dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti dibawah ini.

Memilih Ban Motor Untuk Perjalanan Jauh

Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh
Di pasaran setidaknya ada tiga motif kembangan alur ban seperti motif pattern standar, semi slick, dan standar matik. Dari tiga tipe tersebut, disarankan untuk menggunakan ban pattern standar. Sebab, ban tipe kembangan ini memiliki banyak corak alur ban yang berfungsi untuk membelah air, dan bentuknya mengikuti ban standar bawaan pabrik.
Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh
Untuk mengenali ban yang sudah aus dan tidak layak pakai untuk perjalanan jauh, bisa dilihat dari alur garis tengah ban yang sudah rata atau habis, atau ban benjol akibat tekanan yang mengembang. Artinya, ban perlu segera diganti, jangan memaksakan mudik lebaran dengan kondisi ban yang aus.
Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh
Saat ingin melakukan perjalanan jauh, perlu juga untuk memperhatikan tekanan angin pada ban. Tekanan angin mempengaruhi kemampuan manuver dan handling motor. Tekanan angin dalam ban, harus sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan ban depan berkisar 28 psi, dan belakang 32 psi. Pada kondisi jalan basah, sebaiknya tekanan angin dalam ban dikurangi. Ban depan sekitar 26 psi dan belakang 30 psi.
Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger