Jalan pedesaan, pegunungan, atau pinggiran pantai yang berpasir menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara. Kemampuan mengendarai sepeda motor dsi jalanan kota hampir tidak bisa diterapkan untuk kontur jalan seperti ini. Pengendara harus memiliki skill tersendiri, yang tentunya bisa didapat dari pengalaman atau mengikuti Pelatihan Safety Riding seperti pada artikel sebelumnya.
Agar bisa mulus Mengendarai Motor di Jalan Berpasir dan Berbatu, setidaknya ada dua faktor yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah kemampuan pengendara itu sendiri. kemampuan ini bisa didapat dari pelatihan safety riding ataupun dari pengalaman yang banyak di dapat dari melewati jalan berpasir. Semakin sering melewati jalan berpasir dan berbatu, maka pengendara semakin peka.
Baca artikel terkait mengendarai motor ini,
Tips dan Cara Mengendarai sepeda MotorSelain skill pengendara, Agar bisa Mengendarai Motor di Jalan Berpasir dan Berbatu dengan baik, tentunya harus di dukung juga dengan kesiapan sepeda motor itu sendiri. Spesifikasi motor yang disesuaikan dengan medan atau kontur jalan berpasir dan berbatu, tentunya akan sangat membantu.
Cara Mengendarai Motor di Jalan Berpasir
Khusus bagi pengendara, kebiasaan menggunakan rem belakang (rear brake) di jalan aspal yang mulus, harus dikurangi saat melewati jalan berpasir dan berbatu. Penggunaan rem belakang yang terlalu banyak akan menyebabkan sliding dan membuat motor terjatuh. Usahakan untuk mengurangi penggunaan rem belakang saat belaju di jalan berpasir dan berbatu.
Baca artikel terkait pengereman ini,Teknik Mengerem Sepeda Motor Yang BenarSelain kemampuan untuk mengolah rem, pengendara juga harus benar-benar memiliki kemampuan menyeimbangkan motor saat berjalan. Semakin lambat motor, maka semakin susah untuk menyeimbangkan motor agar tidak terjatuh. Oleh karenanya, atur kecepatan motor yang sesuai dengan kemampuan kamu dalam menyeimbangkan motor.
Khusus untuk sepeda motor yang akan digunakan melewati jalan berpasir dan berbatu, usahakan untuk menggunakan ban semi off road. Ban jenis ini biasanya memliki kembangan ban model kotak tahu. Dengan kontur ban demikian, jalan berpasir atau berbatuan kecil akan mencengkeram ban dengan kuat, sehingga mengurangi resiko sliding atau terpeleset.Itulah beberapa Tips dan Cara Mengendarai Motor di Jalan Berpasir dan Berbatu pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan SalamOtoZones!
Penting juga untuk diperhatikan, kondisi jalan berpasi dan berbatu memaksa pengendara untuk melakukan teknik stop and go. Motor dipaksa melambat hingga berhenti lalu jalan kembali secara berulang-ulang. Oleh karena itu, pastikan komponen rem yang bisa bekerja optimal. Akan lebih baik lagi spesifikasi motor Anda memiliki torsi yang besar di putaran bawah.
|