Tips Perawatan Rantai Motor Agar Tidak Mudah Karat dan Putus

Tips Perawatan Rantai Motor Agar Tidak Mudah Karat dan PutusTips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet ---Rantai merupakankompoenen penggerak yang memiliki fungsi penting bagi sepeda motor. Tidak hanya menggerakkan roda agar motor bisa berjalan, tetapi juga menyangkut keselamatan pengendara jika kinerja rantai tidak berjalan optimal.

Posisi rantai yang berada paling dekat dengan medan jalanan, dan juga tingkat pekerjaanya yang begitu berat, terkadang membuat rantai gampang sekali kotor. Sedikit saja lalai dalam perawatannya, maka rantai motor akan gampang sekali mengalami korosi atau karat. Dan jika dibiarkan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan rantai putus.

Sebelumnya, baca artikel terkait permasalahan rantai motor ini:Selain karena hal diatas, rantai motor juga menjadi tidak awet jika pengaturan kekencangan dan keknduran rantai tidak tepat. Rantai yang terlalu kendur atau terlalu kencang juga bisa menjadi penyebab rantai cepat rusak, bahkan putus. Oleh karena itu, perlu bagi pengendara ataupun pemilik sepeda motor untuk mengetahui Tips Perawatan Rantai Motor yang tepat Agar rantai Tidak Mudah Karat dan Putus.

Dan berikut adalah beberapa Tips dan Cara Perawatan Rantai Motor Yang Tepat, Agar Rantai Sepeda Motor Anda Tidak Mudah Karat dan Putus,seperti dibawah ini.

Tips dan Cara Merawat Rantai Motor

Tips Perawatan Rantai Motor Agar Tidak Mudah Karat dan Putus
Pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek setelan kekencangan rantai. Pastikan rantai motor Anda tidak terlalu kencang ataupun terlalu kendur. Lalu cek juga kebersihan pin rantai sambungan motor Anda. Jika ada kotoran atau debu, lekas dibersihkan untuk menjaga keawetan rantai.
Tips Perawatan Rantai Motor Agar Tidak Mudah Karat dan Putus
Untuk melumasi rantai jangan menggunakan pelumas bekas, sebaiknya gunakan pelumas khusus untuk rantai agar tetap awet. Waktu melumasi, masukkan motor di gigi dua untuk mempermudah saat melumuri pelumas.

Selanjutnya periksa juga kondisi gear motor Anda. Jika gear sudah terlihat gundul, segera ganti dengan yang baru. Pastikan juga kondisi rantai dan gear motor tidak miring sebelum Anda mulai menggunakan motor.
Itulah beberapa Tips dan Cara Perawatan Rantai Motor Yang Tepat, Agar Rantai Sepeda Motor Anda Tidak Mudah Karat dan Putus pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger