Tips Aman Nyaman Berboncengan Menggunakan Sepeda Motor

Tips Aman Nyaman Berboncengan Menggunakan Sepeda MotorCara Berboncengan Dengan Motor ---Sepeda motor menjadi kendaraan favorit jika digunakan untuk berboncengan dibandingkan sepeda. Selain karena tidak membutuhkan tenaga besar untuk menggerakkan rodanya, juga dukungan suspensi dan jok motor yang nyaman untuk diduduki oleh penumpang belakang. Wajar saja jika sepeda motor menjadi kendaraan angkut populer, yang sering dikenal sebagai "ojek".

Namun, dari beberapa kasus kecelakaan yang terjadi di jalan raya, penumpang belakang rentan sekali mengalami kecelakaan parah dibandingkan pengendara yang memegang setir motor. Hal ini dikarenakan penumpang belakang kurang mengetahui situasi yang terjadi saat motor melaju. Selain itu, posisi penumpang belakang saat dibonceng juga menjadi faktor yang menyebabkan keadaannya lebih parah jika terjadi kecelakan.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang patut diperhatikan pada saat berboncengan dengan sepeda motor. Hal ini perlu dilakukan demi keamanan dan kenyamanan pengendara maupun penumpang belakang yang di bonceng. Dan berikut adalah beberapa Tips dan Cara Berboncengan Menggunakan Sepeda Motor, agar pengendara dan penumpang yang dibonceng lebih aman dan terasa nyaman saat motor melaju di jalanan.

Tips Berboncengan Dengan Sepeda Motor

Usahakan posisi tubuh pengendara yang di bonceng dengan sepeda motor sejajar dengan pengendara di depan. Selain tubuh bagian depan orang yang dibonceng dirapatkan ke punggung pengendara, lutut dan paha pun wajib merapat pada kedua paha pengendara.
Untuk penumpang wanita harusnya juga berboncengan seperti diatas. Jika si wanita duduk menyamping, maka keseimbangan tidak sempurna saat motor melaju. Motor akan terasa lebih berat ke kiri. Dan jika terjadi kecelakaan maka penumpang belakan yang duduk menyamping akan jatuh lebih dahulu dibandingkan dengan pengendara yang ada di depan.
Saat berboncengan dengan sepeda motor, perlu juga untuk memperhatikan pakaian yang dikenakan. Disarankan untuk mengenakan celana panjang agar leluasa dan nyaman saat dibonceng. Tidak sedikit pakaian wanita yang berjenis rok panjang justru menjadi penyebab kecelakaan karena ujung pakaian masuk ke sela jari-jari motor saat melaju.
Akhirnya, semoga Tips dan Cara Aman Nyaman Berboncengan Menggunakan Sepeda Motor ini bisa menjadi referensi bagi kita semua. Salam Otozones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger