Faktor Penyebab Kendaraan Boros Bahan Bakar

Faktor Penyebab Kendaraan Boros Bahan BakarPenyebab Mobil dan Motor Boros BBM ---Dari beberapa artikel otoZones sebelumnya sudah banyak sekali dibahas tentang penghematan bahan bakar pada kendaraan. Hampir semuanya berkutat kepada perilaku pengendara yang terkadang tidak memahami bagaimana cara berkendara yang baik. Selebihnya, kebiasaan pengguna yang tidak memperhatikan perawatan terhadap kendaraan juga menjadi fokus penting sebagai penyebab kendaraan boros bahan bakar.

Pada kesempatan kali ini, akan dibaha s lebih lanjut tentang beberapa hal yang menjadi Faktor Penyebab Kendaraan Boros Bahan Bakar. Hal ini tentunya penting untuk diketahui oleh pengendara. Karena dampak dari penggunaan bahan bakar berlebihan atau boros BBM tidak saja berpengaruh kepada besarnya pengeluaran, tetapi juga akan berdampak buruk terhadap lingkungan.

Dan berikut adalah beberapa Faktor Penyebab Kendaraan Boros Bahan Bakar atau BBM yang perlu diketahui oleh kita semua.

Penyebab Kendaraan Boros BBM

Faktor Penyebab Kendaraan Boros Bahan Bakar
Membeli kendaraan sesaui dengan kebutuhan merupakan salah satu cara untuk menghemat bahan bakar. Jika anda hidup diperkotaan dengan kemacetan yang ada, dan kendaraan tidak digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, maka membeli kendaraan dengan kapasitas mesic (cc) kecil tentunya bisa menghemat bahan bakar. Karena semakin besar cc kendaraan maka akan semakin besar kebutuhan bahan bakar. Tentunya hal ini tidak sebanding dengan kebutuhan Anda.
Pemilihan jenis bahan bakar yang tepat sesuai dengan spesifikasi motor tentunya juga bisa menghemat bahan bakar. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan nilai kompresi kendaraan akan percuma karena kebanyakan bahan bakar hanya menguap karena pembakaran tidak sempurna. Dampak lainnya tentu kepada gas emisi yang berdampak buruk kepada lingkungan, dan juga akan berdampak tidak baik terhadap umur mesin kendaraan Anda.
Kebiasaan yang salah dalam berkendara juga akan mengakibatkan boros bahan bakar. Kebiasaan berakselerasi yang tidak tepat, mengerem mendadak, dan juga tidak memanaskan mesin sebelum digunakan dipagi hari, juga menjadi Faktor Penyebab Kendaraan Boros Bahan Bakar. Tidak hanya itu, dampak kurang bagus akan terjadi pada mesin kendaraan Anda.
Faktor Penyebab Kendaraan Boros Bahan Bakar adalah bobot atau berat beban yang harus dipikul suatu kendaraan. Untuk mengetahui bobot maksimal yang dapat dipikul suatu kendaraan tentunya dapat dibaca pada buku manual kendaraan. Jangan sampai melebihi ketentuan jika tidak ingin kendaraan semakin boros BBM.

Baca artikel terkait,
Efek Buruk Motor Overload
Modifikasi membuat kendaraan menjadi bertambah bobotnya juga akan membuat bahan bakar boros. Modifikasi yang baik adalah dengan menggunakan bahan yang lebih ringan atau setidaknya sama. Pemilihan bahan modifikasi menggunakan karbon fiber bisa menjadi pilihan, walau agak mahal dibandingkan dengan bahan plastik atau plat.
Penggunaan dan perawatan ban yang tepat juga akan berimbas pada penghematan BBM. Ban yang terlalu kempes akan menjadi beban mesin dan memaksa pembakaran lebih. Terlalu kencang juga akan berdampak pada resiko pecah ban. Pilihan ban tubeless dengan Nitrogen mungkin bisa menjadi pilihan untuk menghemat bahan bakar.

Baca artikel terkait,
Cara Merawat Ban Motor
Sistem kelistrikan yang tidak baik pada kendaraan juga akan membuat kendaraan boros bahan bakar. Penurunan suplai listrik ke koil akan menyebabkan kendaraan menjadi boros karena sistem pengapian mesin menjadi berkurang. Pastikan kelistrikan kendaraan Anda bekerja maksimal agar bisa lebih hemat BBM.
Pelumasan pada mesin atau oli punya peran penting dalam kesehatan suatu kendaraan dan juga dapat menghemat bahan bakar. Penggantian oli secara teratur tergantung pemakaian dan jenis oli yang digunakan bisa menjadi cara untuk menghemat bahan bakar.

Baca artikel terkait,
Cara Ganti Oli Motor
Perawatan dan kebersihan kendaraan berpengaruh kepada penggunaan bahan bakar? Tentu saja berpengaruh. Mesin yang tidak terawat tentu akan membuat kinerjanya tidak maksimal dan perfoma menurun. Gas diputar namun kendaraan tidak berjalan. Lalu berapa banyak BBM yang harus dikeluarkan agar kendaraan bisa berjalan? Pastinya akan sangat boros. Lakukan perawatan dan kebersihan kendaraan agar perfomanya tetap terjaga.

Baca artikel terkait,
Jenis dan Cara Mencuci Mobil
Melindungi kendaraan dari panas matahari bisa sedikit menghemat BBM. Bahan bakar memiliki sifat titik didih dan bisa menguap. Lingkungan yang panas disekitarnya akan menjadi penyebab bahan bakar menguap. Lindungi kendaraan Anda dengan parkir di tempat yang tidak membuat bahan bakar menguap.
Itulah beberapa Faktor Penyebab Kendaraan Boros Bahan Bakar yang bisa menjadi perhatian bagi kita semua. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger