Tips dan Cara Berkendara Hemat BBM Yang Perlu Anda Ketahui

Tips dan Cara Berkendara Hemat BBM Yang Perlu Anda KetahuiKelebihan dan Kekurangan Cara Berkendara Hemat BBM ---Penggunaan bahan bakar atau BBM terkait erat dengan cara berkendara. Mengendarai sepeda motor ataupun menyetir mobil keduanya perlu dilakukan dengan baik agar tidak membuat bahan bakar boros. Mengikuti buku petunjuk kendaraan plus Pelatihan Safety Riding bisa menjadi salah satu cara untuk bisa berkendara yang baik.

Baca artikel terkait,
Cara Mengendarai Sepeda Motor Yang Benar
Sebagian pengendara biasanya tidak menyadari bahwa gaya berkendara menjadi salah satu Faktor Penyebab Kendaraan Boros BBM. Oleh karena itu, penting sekali bagi pengendara untuk mengetahui cara berkendara yang benar, yang bisa membuat kendaraan hemat bahan bahan bakar.

Dan berikut adalah beberapa Tips dan Cara Berkendara Hemat BBM Yang Perlu Anda Ketahui seperti dibawah ini.

Cara Berkendara Hemat BBM

Memanaskan mesin kendaraan minimal 1 menit baik dengan choke atau membiarkan putaran mesin stasioner sebelum digunakan di pagi hari merupakan salah satu Cara Berkendara Hemat BBM. Mesin yang masih dingin dan dipaksa untuk berjalan akan membuat banyaknya bahan bakar yang dikeluarkan untuk melakukan pembakaran di ruang mesin.

Baca artikel terkait,
Cara Memanaskan Kendaraan Yang Benar
Menjaga jarak antar pengendara lain bisa menjadi Cara Berkendara Hemat BBM. Hal ini untuk menghindari pengereman mendadak jika kendaraan di depan berhenti mendadak. BBM tentunya akan dikeluarkan lebih banyak untuk membuat kendaraan berjalan kembali setelah berhenti mendadak.
Melakukan pengereman lebih lembut merupakan kebalikan dari poin poin diatas yang melakukan pengereman mendadak. Alasannya juga sama agar tarikan kendaran untuk berjalan kembali tidak berat.
Melakukan akselerasi lebih lembut bisa menghemat BBM. Karena semakin besar akselerasi yang dilakukan maka akan semakin banyak bahan bakar yang dikeluarkan.
Menjaga beban muat tidak melebihi ketentuan daya angkut kendaraan. Karena semakin berat muatan atau beban kendaraan maka akan semakin susah kendaran melaju. Tentunya, perlu pengeluarkan bahan bakar yang banyak agar kendaraan bisa melaju lebih kencang dengan beban berat.
Mematikan mesin saat mengetahui lampu merah akan menyala lebih lama. Karena membiarkan mesin tetap hidup merupakan pemborosan bahan bakar. Hal ini tentunya bisa di antisipasi dengan Teknologi Idling Stop System pada sepeda motor yang bisa mematikan mesin jika kendaran berhenti selama 3 detik.
Dari cara atau gaya berkendara yang hemat BBM diatas tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda berkendara dengan mengikuti Cara Berkendara Hemat BBM diatas maka keuntungannya adalah bisa menghemat bahan bakar, yang berimbas kepada hemat biaya karena pengeluaran untuk BBM lebih sedikit. Selain itu juga, dengan berkendara hemat BBM diatas, Anda bisa menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan.

Namun tentu saja, terkadang dengan Cara Berkendara Hemat BBM akan membuat Anda lebih lambat sampai tujuan. Dan hal ini tentu saja menjadi kekurangan yang harus disikapi dengan baik oleh pengendara.

Itulah sedikit Info otomotif tentang Tips dan Cara Berkendara Hemat BBM Yang Perlu Anda Ketahui pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger